#SkincareReview: Emina Sun Protection SPF 30 PA+++

by - April 01, 2021

Halo, teman-teman! Apa kabar?

Kalian yang udah ngikutin aku di Instagram dan udah baca section About Me pasti tau ya kalo kulitku ini termasuk acne-prone karena gampang banget jerawatan kalo salah skincare atau salah makan.

Awalnya aku sih kayak kebanyakan orang, sering menganggap sepele perihal pakai sunscreen. Apalagi aku super picky, udah banyak cobain berbagai macam sunscreen tapi selalu merasa gak cocok karena hasilnya pasti greasy dan bikin mukaku yang kayak kilang minyak ini terlihat makin kusam. Tapi sejak aku belajar banyak tentang skincare, aku berusaha untuk gak skip sunscreen meskipun masih suka skip kalo lagi males skincarean pagi🤭

Kapan-kapan kita bahas ya pentingnya sunscreen buat acne-prone skin. Karena bahasannya akan panjang banget, jadi gak aku tulis di post kali ini yaa.

Jujur deh ada yang asing dengan penampakan sunscreen di atas? Seingat aku, Emina Sun Protection SPF 30 PA+++ ini rilis pas awal-awal Emina lahir. Dulu pun sekitar tahun 2016-2017an (zaman masih SMA) aku udah pernah pake Emina Sun Protection SPF 30 PA+++ kalau gak salah inget sampai habis dua tub. Dulu sih tujuanku pake sunscreen supaya kulit wajahku gak belang, maklum lah ya SMA tuh zamannya ngebolang banget. Dulu sih aku kurang suka ya dengan formula karena bikin wajahku kusam apalagi kalo udah keringetan banget. Tapi setelah sekarang aku coba pake lagi gimana hasilnya? Baca sampai habis yaa hehe🖤


Ingredients

Aqua, Ethanol, Ethylhexyl Methoxycinnamite, Glyceryl Stearate, Diethylamino Hydroxybenzoyl Hexyl Benzoate, Dimethicone, Butylene Glycol, Phenoxyethanol, Triethanolamine, Propylene Glycol, Panthenol, Polyvinyl Alcohol, Aloe Barbadensis (Aloe Vera) Leaf Extract, Acrylates/C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Fragrance, Hydrolyzed Wheat Protein/PVP Crosspolymer, BHT, Disodium EDTA, Ethylhexylglycerin, Xanthan Gum, Potassium Sorbate, EDTA, Sodium Benzoate.

Dilihat dari ingredientsnya bisa dipastikan Emina Sun Protection SPF 30 PA+++ termasuk chemical sunscreen. Meskipun produknya mengandung berbagai macam jenis alkohol tapi di kulitku yang sensitif ini masih aman, gak bikin iritasi atau kemerahan.


Packaging

Emina Sun Protection SPF 30 PA+++ dikemas dalam tube 60ml yang travel friendly, tutupnya tipe fliptop yang memudahkan saat mengeluarkan produk dan higienis. Dalam kondisi baru, di bagian mulut tubenya ada aluminium foil sealnya (gak kefoto karena bukanya udah dari dua bulan lalu😥) untuk menjamin kehigienisan produk sampai di tangan pembeli.


Texture & Aroma

Emina Sun Protection SPF 30 PA+++ memiliki tekstur watery gel yang mudah diaplikasikan dan diblend, tapi harus tunggu beberapa menit sampai sunscreennya menyerap dan tidak 'basah' di kulit. Aromanya khas alkohol dan sedikit fragrance tapi tidak mengganggu dan tidak mengiritasi kulitku yang sensitif. 


Plus & Minus

+ Gak pilling meskipun sebelumnya udah pake skincare berlayer-layer.

+ Melembapkan dan gak bikin kusam. 

+ Sangat affordable, tersedia di toko-toko terdekat, dan bisa digunakan lebih dari satu bulan.

+ Membantu penyembuhan jerawat dan bekasnya lebih cepat karena kulit jadi benar-benar terlindungi dari paparan sinar Matahari.

-  Perih di mata saat cuci muka atau wudhu.

- Greasy setelah pemakaian lebih dari 4 jam (jadi harus rajin reapply).

- Kurang cocok kalau dipakai untuk aktivitas berat di luar ruangan dan berkeringat banyak karena bikin wajah rasanya gerah.


Nah, semenjak pandemi aku bertekad mau cobain sunscreen dengan SPF 30 atau di bawahnya aja karena jarang keluar rumah jadi akan lebih termotivasi untuk reapply dan gak terlalu membuat kulit lebih stress karena komposisinya yang ringan. Oh iya, aku juga sering pakai sunscreen ke badan juga looh, siapa nih yang samaan? Hehe. Jangan hanya fokus merawat wajah yaa, tapi badan juga harus dirawat.

Aku kasih nilai 3.5/5 untuk sunscreen ini, cocok untuk digunakan sehari-hari di rumah. Aku beli Emina Sun Protection SPF 30 PA+++ supermarket Bravo Jombang dengan harga Rp28.000,00 untuk ukuran 60ml. Termasuk murah kan? Cocok untuk pelajar dan mahasiswa kere kayak aku ini🤭


Notes: review yang aku tulis murni dari pengalamanku sendiri yaa, kalau aku suka akan aku bilang suka, kalau enggak ya enggak. semua skincare juga cocok-cocokkan ya, jadi yang cocok di kulitku belum tentu cocok di kulitmu.

Sekian, semoga bermanfaat😊


XOXO,

Da.

You May Also Like

23 comments

  1. Mahasiswa kere 🕵️ hahhahaa. Seneng banget kalau baca status mahasiswa udah kenal skincare zaman aku dulu udah kayak zebra cross muka belang-belang re: kayak panu di muka karena abis panas-panasan ke air wudhu mana gak cuci muka pake sabun samsek, kwkw.

    Aku belum belum pernah coba Emina :") katanya 11-12 sama Skinaqua, kalau Skinaqua sendiri yang botol ijo nyaman di aku sih. Anw murah bangetttt 30k 60ml, bisa pakai ini secara brutal re: reapply berkali-kali hahhaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahaha aku termasuk tipikal mahasiswa kere yang lagi kenalan sama skincare kak Githaa😅 aku belum coba skinaqua!! sebenernya udah ada nih tapi belum aku buka ajaa, soon aku coba dan aku review yaa

      Delete
  2. sunscreen sejuta umat 🤩 tapi entah kenapa aku belum tertarik sama ini karena liat teksturnya kayak terlalu thick :")

    ReplyDelete
    Replies
    1. ternyata banyak juga ya yg belum coba sunscreen murmer ini😂 ayo kak Sausan coba jugaa

      Delete
  3. pernah ngabisin 2 tube sunscreen ini, sekarang udah berhenti pake krn lama-lama berasa panas di kulit. but yeah nggak bisa dipukul rata kalau ini jelek krn kulit orang beda-beda. kebetulan kulit aku sensitif dan acne prone, jadi ini kurang gentle di kulit aku hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaah, skincare emang cocok-cocokan banget apalagi yang essential kayak sunscreen😥

      Delete
  4. Aahh sunscreen kecintaan meski diblend sama nyerepnya lama hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurutku kalo cuma dipake di rumah ini masih aman sih kak😍 lumayan hemat juga kaan karena harganya masih affordable

      Delete
  5. Saya termasuk yang nyoba ini pas di awal-awal keluar dan susah banget ditemuin! Tapi akhirnya beralih ke sunscreen lain, karena lapar mata dan nggak suka sama wanginya, hehe. This review reminds me of those good old days...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa Kak Veraa! dulu pas awal muncul aku juga pernah cobain, cuma ada di beberapa drugstore aja tapi sekarang di mana-mana udah ada yaa

      Delete
  6. Aku lagi pake ini juga sekarang, baruuu banget buka sealnya hari ini 😆😆 sunscreen ini tuh buat selingan kalo yg lain abis trus bingung beli yg manaa😌

    ReplyDelete
  7. Produk emina gini nih diriku pernah punya juga wkakaka, terkenal bet ya sun protection gini mah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa! produk ini memang udah terkenal karena muncul dari awal brandnya lahir, harganya pun affordable dan ditujukan ke remaja, cocok banget menurutku buat yang masih pelajar

      Delete
  8. Sebenernya aku suka banget sunscreen ini tp sayang banget bau alkoholnya lumayan kuat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. buat yg agak sensitif sama bau alkohol memang ganggu sih baunyaa, aku juga pas awal2 kurang sukaa, tapi pas udah kebiasa juga kuat sampe ngabisin hihi

      Delete
  9. Sayang aku nggak cocok dengan sunscreen ini, kurang nyaman aja dikulitku dan syukurlah sun battle mereka malah bagus dikulitku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah aku malah belum pernah coba sun battle. soon mau coba deh dan compare sama yg inii

      Delete
  10. aku juga kadang suka skip pakai sunscreen kalau di rumah wkwk.

    di indomart/alfamart sering liat emina sunscreen ini Daa, kalau dia ga bikin kusam, bisa nih ikut cobain sunscreennya! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya bergantung kulit dan skincare sebelumnya deh Kak Diani, soalnya temenku ada yg pakai ini malah jadi kusam banget katanyaa, tapi coba dulu deh kaak kalo belum coba kan belum tauu gimana efeknya di kulit kakak

      Delete
  11. Aku juga suka sama sunscreen initapi sedih deh pas tube kedua malah jadi kurang cocok lagi di wajahku, gak ngerti juga kenapa. Sekarang aku pakai sbg sunscreen badan deeh :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sayang banget ya kak Ayaa, bisa gitu juga udah pernah ngabisin eh malah jadi gak cocok :(

      Delete
  12. Ini OG sunscreen indonesia tapi aku malah belom nyoba hahahha. Kapan-kapan kalau main ke Guardian aku kepoin ahh

    ReplyDelete